MANFAAT KEMBANG KANTIL UNTUK KESEHATAN

AGEN JUDI ONLINE - Bunga kantil atau yang juga bisa disebut sebagai bunga cempaka putih merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki bau harum.Bunga ini juga bisa dipergunakan dalam berbagai upacara adat seperti untuk perlengkapan pesta pernikahan.maupun dipergunakan dalam ritual nyekar atau ziarah kubur.Bagi orang orang jawa bunga kantil memiliki sebuah makna ritual yang bearti memiliki hubungan erat meskipun telah berbeda alam.


Di beberapa kalangan masyarakat bunga kantil merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki beberapa mitos sperti pohon yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi makluk gaib kuntilanak.Namun dalam dunia medis,bunga kantil dipercaya mampu mengobati beebrapa gangguan kesehatan.Kandungan senyawa alami seperti alkoloid mikelarbina dan liriodenina dan diuretik.

Meskipun surat dengan mitos,namun pada kenyataannya bunga kantil memiliki berbagai macam kegunaan bagi kehidupan.diantaranya adalah.
  • SEBAGAI PELENGKAP UPACARA ADAT
    Pada beberapa kalangan masyarakat seperti masyarakat jawa dan bali.manfaat kembang kantil biasanya digunakan dalam berbagai kenis upacara adat sperti pernikahan.Bunga ini digunakan sebagai hiasan sanggul maupun hiasan senjata keluhur sperti keris dan lain sebagainya.
  • SEBAGAI BAHAN PEWANGI RAMBUT
    Di beberapa kalangan masyarakat,bunga kantil biasanya dipakai sebagai hiasan dikepala atau diselipkan di atas telinga.Hal ini dapat memberikan efek aroma wangi pada rambut.
  • DAPAT MEMBANTU MENGOBATI PERUT KEMBUNG
    Gangguan perut kembung yang asli terasa tidak nyaman dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari bunga kantil.Caranya adalah dengan merebus kurang lebih 5 kuntum bunga kantil yang dicampur dengan jahe kurang lebih 5gr.3butir kapulaga.serta 5gr kulit jeruk mandarin yang telah kering bersama dengan kurang lebih 700ml air bersih.rebus beberapa saat hingga air hanya  tinggal kurang lebih 300ml saja,konsumsi ramuan tersebut pada saat kondisi air masih hangat.
  • UNTUK MENGHILANGKAN BAU BADAN
    Bunga yang memiliki aroma  yang khas ini dapat membantu dalam mengatasi masalah atau bau badan.Adapun caranya adalah dengan merebus bunga kantil dengan atau tanpa menambahkan campuran seperti daun sirih.Lalu menggunakan hasil rebusan tersebut sebagai air mandi.atau bisa juga dengan cara merebus bunga kantil kering dengan sejumlah air.lalu air hasil rebusan tersebut dapat diminum guna mengatasi bau badan.
  • UNTUK MENGOBATI BATUK
    Bentuk rejan maupun berdahak dapat diobati dengan menggunakan ramuan yang berasal dari bunga kantil,Jahe,serta kulit jeruk mandarin yang telah dikeringkan.Rebus semua bahan dengan menggunakan beberapa CC air bersih hingga airnya hanya tinggal separuhnya saja.
KARAKTERISTIK KEMBANG KANTIL
Pohon kembang kantil tingginya mencapai hingga 30 meter.Bunga kantil yang memiliki nama latin michella alba ini banyak sekali dijumpai di berbagai daerah di indonesia seperti daerah jawa tengah,Bali maupun daerah daerah lainnya.
Ciri - ciri dari tanaman yang masuk dalam keluarga magnoliaceae ini antara lain adalah:
-  Tinggi pohon bisa mencapai 30 meter
- Memiliki batang yang berkayu
- Pada ranting biasa ditumbui bulu bulu halus yang berwarna keabu-abuan.
- Memiliki daun tunggal yang berbentuk bulat telur.
- Memiliki tangkai yang panjang hampir separuh dari panjang daun.
- Jarang atau tidak memiliki buah.
- Perkembanganbiakan secara vegetatif.
- Hidup di daerah yang memiliki iklim tropis dengan ketinggian wilayah mencapai 1.600mdpl.
- Bunga memiliki warna putih dengan kelopak bunga lancip,kecil,dan memanjang.

Demikian bebera[a informasi yang bisa dapatkan dari bunga kantil.Meskipun sarat akan mitos,namum dibalik itu semua banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil.

Posting Komentar